Friday, April 27, 2012

(Perjalanan Facebook) si Pemuda Drop Out yang Menjadi Orang Terkaya di Dunia

Mark Zuckerberg, adakah yang tidak mengenal orang ini? dialah pencipta facebook dan membuatnya menjadi sekarang ini, di dalam benaknya bagaimana cara membuat facebookmenjadi go publik dan sehingga semua orang dapat mendapat keuntungan dari facebook.

Usianya 27 tahun saat ini, dan telah menjadi 20 orang terkaya di dunia versi majalah forbes dan menjadi 'Person of The Year' versi majalah Time tahun 2011.

Zuckerberg lahir di New York pada 14 Mei 1984, memiliki 3 saudara, dibesarkan oleh seorang ayah dokter dan ibu seorang psikiater, memang sejak kecil Zuckerberg dikenal sebagai anak yang cerdas, kecerdasannya makin mencuat saat SMA di masuk sekolah Philips Exeter Academy yang hanya orang memiliki kecerdasan diatas rata-rata yang bisa masuk kesana, saat memasuki bangku kuliah ai lantas diterima di Harvard University dimana sebuah universitas paling di idam-idamkan pelajar dari seluruh dunia.

Tak banyak yang tau jika facebook pertama kali dibuat bernama thefacebook pada 2004 lalu dan dibuat di sebuah kamar asrama kampus bersama tiga teman sekamarnya yaitu Mozkovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin.

Awal pembuatan facebook sebenarnya dibuat hanyak untuk mempermudah komunikasi sosial antar mahasiswa se fakultasnya di Harvard. tak menyangka ternyata program thefacebook disukai semua orang dan banyak teman-temannya yang mendukung jika thefacebook dapat digunakan oleh semua orang di dunia.

Perjalanan facebook tak semulus keberhasilannya sekarang, Zuckerberg yang bingung tentang pendanaannya mulai melobi semua perusahaan besar yang bergerak di bidang internet, salah satunya yahoo, namun yahoo menolak proposal dari Zuckerberg dan memanggapnya sebagai "mainan anak kecil", tak putus asa sampai disana akhirnya ia mendapatkan pinjaman uang sebesar USD 500 ribu dari pendiri PayPal, Peter Thiel. dan ditahun 2005 di juga mendapat tambahan dana dari Aceel Partners sebesar USD 13 juta.

Dengan tambahan dana sebsar itulah ia lantas mebesarkan facebook dan memilih untuk drop out kuliah untuk fokus ke facebook, kini facebook telah memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif dari seluruh dunia dan diperkirakan menjadi 1 milyar pengguna di bulan agustus ini (Baca: Agustus 2012, Pengguna Facebook Capai 1 Milyar Orang).

Tidak sampai disana, Zuckerberg tampaknya akan sibuk tahun ini karena facebook akan didaftarkan ke bursa saham dengan perkiraan nilai sebesar USD 100 miliar. banyak orang beranggapan tindakan ini akan membuat Zuckerberg menjadi orang terkaya termuda di dunia.

Walau dengan kekayaan sebesar itu ternyata Zuckerberg tak pernah meninggalkan kebiasaan masa kuliahnya, hanya menggunakan kaos oblong dan celana jeans.. itulah pakaian terbaik menurutnya. kini Zuckerberg tinggal di sebuah rumah sederhana bersama sang pacar Priscilla Chan dan seekor anjing bernama Beast. itupun jika ia tidak diolok-olok teman-temannya "bagaimana mungkin salah satu orang terkaya di dunia masih mengontrak rumah?" lalu ia memutuskan membeli sebuah rumah sederhana di pinggiran kota.

Kesan glamor tak akan tampak pada rumahnya karena Zuckerberg sendiri kurang menyukai hal seperti itu dan memilih menyumbangkan beberapa persen kekayaannya untuk disalurkan dalam kegiatan sosial seperti pendidikan dan kesehatan di negara-negara konflik dan miskin di Afrika, selain itu kini Zuckerberg menjadi vegetarian dan hanya makan daging jika ia membunuh sendiri hewan tersebut. SALUT untuk Zuckerberg. 

No comments:

Post a Comment